Selasa, 23 November 2010

Belajar Matematika dengan Bermain Peran


Pengajaran Matematika dengan seni bermain Peran
Di SDI Dian Didaktika  Cinere Depok.



Selama ini pelajaran matematika identik dengan pelajaran yang sulit, bahkan pelajaran matematika bisa menjadi pelajaran yang tidak disukai oleh siswa. Dimana letak kesalahannya? apakah dalam pengajarannya atau bagaimana pendekatan terhadap siswa?

.

Setiap kali pelajaran matematika akan segera dimulai mendadak tangan wiwik berkeringat, dan tubuhnya terasa dingin, wajahnya mulai terlihat pucat manakala sang guru sudah terlihat berdiri didepan kelasnya. Pak anto guru matematika yang sebenarnya tampan itu mendadak menjadi sosok yang sangat menakutkan bagi wiwik. Alhasil setiap ada pelajaran matematika wiwik seorang siswa dikelas 2 SD Bodoh Deso selalu mencari
alas an untuk tidak masuk sekolah. Itupun terjadi pada beberapa temannya

Situasi dikelas yang tidak menyenangkan amatlah berperan bagi siswa dalam mencerna pelajaran yang diberikan oleh guru, jika guru menerapkan metode pengajaran yang konvensional atau kaku dan cenderung menekan siswa maka mereka akan semakin takut dan membenci guru serta pelajaran tersebut

Sebenarnya dengan cara pengajaran ataupun metode yang menyenangkan yang diciptakan oleh guru serta ruang belajar yang nyaman , matematika tidaklah sulit dipelajari.

Matematika tidak harus selalu dipelajari dengan duduk tertib, tangan dilipat dan tanpa suara. Berilah kesempatan pada setiap siswa utuk berekspresi.

Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan keceriaan dan mereka mempunyai karakter yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangan masing masing. Minat dan bakat setiap siswapun berbeda beda bahkan gaya belajar setiap anakpun berbeda pula. Memang tidak mudah bagi seorang guru untuk memahami setiap individu masing masing siswa namun apabila seorang guru mencoba memahami siswanya dengan hati senang dan penuh cinta maka tidaklah sulit baginya untuk memahami karakter setiap individu.

Berikut ini adalah contoh  pengajaran matematika di SDI Dian Didaktika, Cinere Depok dengan memasukan unsur seni bermain peran didalamnya.




Dari tayangan diatas dapat disimpulkan bahwa pelajaran matematika dapat dibuat menjadi pelajaran yang menyenangkan bahkan dirindukan bagi setiap siswa tentunya dengan tidak meninggalkan konsep yang harus tertanam dengan benar pada diri siswa.

Yuuk kita cari metode yang lain yang dapat menyenangkan bagi siswa…………….:)

by : setyowigati