Senin, 20 Februari 2012

Musik dan Lagu Sebagai Metode Pembelajaran

Musik dan Lagu Sebagai Metode Pembelajaran
Musik/lagu sebagai metode pembelajaran  telah menjadi pilihan banyak orang saat ini. Musik/lagu merupakan gabungan instrumen, melodi yang menyatu dengan lirik. Terkadang musik bukan hanya sebagai media pembelajaran, namun musik juga merupakan media perantara. Musik dapat membuat konsentrasi seseorang menjadi lebih rileks, tenang, dan juga lebih fokus.Mungkin hal inilah yang membuat beberapa orang itu memilih untuk menggunakan musik sebagai media pembelajaran.
                Musik tidak hanya dapat diajarkan pada saat pelajaran seni musik saja, namun pada pelajaran Sosial, Sains, Bahasa, Agama, Olah raga bahkan Matematika. Berikut adalah salah satu contoh Pembelajaran matematika yang menggunakan metode bernyanyi ...................







Melalui media pembelajaran ini seorang anak  akan lebih tertarik dengan sebuah musik dibandingkan mereka sengaja dipaksa untuk belajar. Melalui musik mereka dapat bernyanyi sekaligus otomatis mereka hafal nyanyian yang mereka sukai. Secara tidak langsung mereka sudah belajar tanpa ada paksaan secara langsung yang mungkin saja membuat mereka tidak menyukainya.
Musik dapat lebih membantu untuk mengaktifkan kerja otak kanan manusia. Seperti yang kita ketahui otak kanan merupakan hal penunjang dalam segi kepintaran. Ketika kita menggunakan media musik sebagai media pembelajaran, otak kita terasa mengalir begitu saja, mungkin alasan inilah yang menyebabkannya. Namun ketika otak kita sudah mencapai titik kejenuhan, kita dapat memutar musik yang membuat suasana menjadi lebih santai dan rileks.
Alasan-alasan inilah yang membuat musik menjadi andalan yang tepat sebagai media pembelajaran. Disamping itu juga musik dapat membantu kita untuk menenangkan suasana yang ada dengan pilihan musik yang tepat pula.

2 komentar:

  1. Setuju Miss...metode belajar sambil nyanyi/musik (kombinasi otak kanan & otak kiri) memang menarik buat anak2 dan gampang di nyantel (gampang di ingat-red). Appriciate buat Miss Wiwik dan pak Sur yang sudah mengupayakan segala metode agar kegiatan belajar mengajar tetap menarik.....

    BalasHapus
  2. terimakasih atas kerja sama yang baik mama rafi

    BalasHapus